Sabtu, 10 Desember 2016

Ulasan 1-OSv : Sistem Operasi untuk Java dan Cloud Computing




Pada ulasan ini saya akan membahas mengenai OSv, yakni suatu sistem operasi yang dirancang untuk aplikasi berbasis Java. Ulasan ini terinspirasi dari video penjelasan yang dibawakan oleh Don Marti dan Glauber Costa dari Cloudius Systems. Video tersebut berdurasi 57 menit dan dapat anda tonton melalui link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=-8NgXKRKmQk.

OSv merupakan 'library operating system' yang mendukung bahasa pemrograman Java dan menyediakan segala kebutuhan JVM (Java Virtual Machine) akan layanan dari sistem operasi, serta bertujuan untuk membuat proses dari aplikasi menjadi lebih cepat.  

Sedikit flashback, seperti yang kita ketahui bahasa pemrograman pada umumnya akan menyesuaikan kode program yang kita tulis sesuai dengan platform yang digunakan melalui proses kompilasi atau interpretasi (tergantung bahasa pemrograman tersebut). Berbeda halnya dengan Java, Java akan melakukan kompilasi dan juga interpretasi. Kompilasi dilakukan untuk mengubah kode program menjadi bahasa mesin untuk JVM, kemudian hasil kompilasi tersebut akan di-interpretasi sesuai dengan platform-nya. Hal ini yang membuat Java fleksibel untuk berbagai platform.

Cloudius Systems menyadari keunggulan dari JVM ini dan berusaha untuk memaksimalkannya dengan cara mengkombinasikan OSv dan Java sehingga dapat mengeliminasi keberadaan dari sistem operasi pada saat menggunakan virtualisasi. Secara struktur, akan menjadi sebagai berikut :



Eliminasi dari sistem operasi jelas tidak dapat benar-benar dilakukan, mengingat developer membutuhkannya dalam proses pengembangan aplikasi (menguji dan memastikan aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan pada suatu platform), selain itu keberadaan sistem operasi juga dibutuhkan sebagai architectural constraint untuk bisa boot di atas hardware. Peran tersebut akhirnya diambil oleh hypervisor (virtual machine). OSv mendukung dan dapat bertintegrasi dengan berbagai virtualized environment seperti EC2, Google compute engine, VMware, dan virtualbox.

Kombinasi dari OSv dan Java membuat proses aplikasi menjadi lebih cepat, karena OSv menghilangkan konsep naming space (dengan tetap mempertimbangkan aspek keamanan). Jadi tidak dikenal lagi user mode atau kernel mode, yang ada hanya satu user yaitu JVM.

OSv memungkinkan developer untuk fokus pada pengembangan aplikasinya dengan memastikan kesiapan lingkungan yang akan digunakan untuk development. Developer tidak perlu lagi melakukan konfigurasi untuk menyesuaikan dengan platform yang digunakan karena sudah di-handle oleh library ini. Berdasarkan informasi dari video ini, dengan menggunakan OSv proses built image (untuk virtual machine) yang sebelumnya membutuhkan beberapa menit dapat diturunkan menjadi rata-rata hanya 9 detik. Selain itu dari sisi performance, pada kondisi yang sama, OSv 80% lebih cepat dari pada Ubuntu Linux untuk virtualisasi dengan EC2.

Kesimpulan :
Video ini sangat menarik. Selain karena dibawakan dengan bahasa yang komunikatif, teknologi yang dihadirkanpun dapat menjadi salah satu solusi bagi para developer yang menginginkan kecepatan saat menggunakan virtual machine untuk mengembangkan aplikasi dengan Java. Video ini menunjukkan betapa besar manfaat yang dapat diperoleh para developer apabila memiliki linkungan yang tepat untuk mengembangkan aplikasinya. 

GitHub: 
     stephanus83
URL Ulasan: 
     http://stephanussoekendar.blogspot.com/2016/12/ulasan-1-osv-sistem-operasi-untuk-java.html
URL Youtube: 
     https://www.youtube.com/watch?v=-8NgXKRKmQk
Submisi Pertama: 
    10 Desember 2016
Submisi Terakhir: 
    10 Desember 2016







Tidak ada komentar:

Posting Komentar